Pythagoras

Pythagoras (580-500  SM)

 

Menurut Pythagoras manusia itu asalnya tuhan. Jiwa manusia adalah penjelmaan dari tuhan yang jatuh kedunia karena berdosa. Dan ia akan kembali kelangit kedalam lingkungan tuhan bermula, apabila sudah habis dicuci dosanya itu. Hidup ini adalah jala untuk menghapus dosanya itu, tetapi perosesnya tidak tercapai sekaligus, melainkan berangsur-angsur. Sebab jiwa itu berulang-ulang turun ketubuh makhluk hidup dahulu.dengan jalan begitu dari setingkat kesetingkat ia mencapai kemurnian. Untuk mencapai hidup murni, harusah orang mematangkan makan dagingdan kacang. Menurut kepercayaan itu Pythagoras menjadi penganjur vegetarisme, memakan sayur-mayur dan buah-buahan saja.

Tetapi manusia hidup tidak cukup membersihkan jasmani saja. Jga hidup rohani teristimewa harus diperhatikan. Manusia harur berdzikir senantiasa untuk mencapai kesempurnaan hidupnya. Menurut kaum Pythagoras setiap waktu harus bertanggung jawabdalam hatinya tentang perbuatannyasehari-hari.Sebelumia tidur malam, hendaknya memeriksa diperiksa dalam hatinyasegala perbuatannya hari itu. Ia harus menanyai dirinya: apa kekurangan ku hari ini? Larangan mana yang kulanggar?Periksa peristiwa itu sampai sehabis-habisnya. Jika engkau berbuat salah, hendaklah engkau rindu. Jika baik segala perbuatanmu, hendaklah engkau gembira.

Leukippos (± 540 SM)

 

Sejarah hidupnya hampirtak dikenal. Leukippos ahli piker yyang pertama kali mengajar tentang atom. Menurutpendapatnya tiap benda terdiri dari atom.

Atom adalah benda yang yang sekecil-kecinya sehingga tak dapat dibagi-bagi lagi. Karena kecilnya  atom itu tidak kelihatan tetapi tetap ada, tidak hilang dan tidak berubah-ubah. Ia bergerak terus tidak henti-hentinya.

Yang dipakai sebagai dasar teorinya tentang atom ialah teirinya: yang penuh dan kosong. Atom dinamainyayyang penuh sebagai benda betapapun kecilnya danbertubuh. Dan setiap yang bertubu mengisi lapangan yang kosong. Jdi disebelah yangpenuh dan yang kosong itulah kejadian ala mini. Keduanya yang penuh dan yang kosong mesti ada sebabkalau tak ada yangkosong atom itu tak dapat bergerak.

Faham lekippos bahwa atomitu yang ada, tetap berubah-rubah, dipengaruhi oleh teori gurunya parmanides, sedang Fahamnya bahwa atomitu banyakdan bergerak dipengaruhi oleh heraclitus. Rupanya Leukippos akan melakukan kompromi dari dua teori yang bertetangan itu.

Demokritos (460- 360 SM)

 

Menurut Demokritos, segala sesuatu mengandung penuh dan kosong. Jika kamu menggunakan pisau itu harus menemukan ruang kosong supaya dapat menembus. Jika apelitu tidak mengandung kekosongan, ia tentu sangat keras dan tidak dapat secara pisik dibelah. Demokritos adalah murid Leukippos, dan sama dengan gurunya bahwa alam initerdiri dari atom-atom yang bergerak-gerak tanpa akhir, dan jumlahnya sangat banyak.

Atom adalah benda yang bertubuh meskipun sangat halus. Diantara atom-atom yang banyak itu terdapat yang kosong dimana atom-atom itu bergerak. Demokratos  sependapat dengan Heraklitos, bahwa anasir pertama adlah api. Api terdiri dari atom yang sangat halus, licin dan bulat. Atom apilah yang menjadi dasar dalam segalayang hidup. Atom api adlah jiwa. Jiwa itu tersebar dalam seluruh badan kita, yang menyebabkan badan kita bergerak. Waktu menarik nafas, kita tolak ia keluar. Kita hidup selama kita bernafas. Demikianlah Demokratos menjadikan atom sebagai asas hidup penglihatan, perasaan dan pendengaran, semua timbul dari gerak atom.

Zeno (± 490 SM )

Zeno lahir di Elea. Ia menjadi terkenal karena ketangkasan perkataan dan ketajaman pikirnya. Zeno termasuk salah seorang dari murid-murid Parmanides. Ia mempertahankan filsafat gurunya tidak dengan menyambung keterangan atau menambahkannya, melainkan dengan mengembalikan keteranagn terhadap dalil-dalil orang-orang yang membantah pendapat gurunya.

           

Categories: Filsafat | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Ihsanulirfan's Blog

physics is my life :)

Kebab Ajieb And Spirit Tea

Just another WordPress.com site

isnaherawaty

Just another WordPress.com site

RINO LIGHT_Sugeng Santoso

Karya, Bisnis, dan Usahaku Untuk Berbagi Bersama Kalian

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

Adi Maja Diary

welcome in my life

Catatan si Kecil

A great WordPress.com site

Wachied Van Eerlijk

A topnotch WordPress.com site

My Site The Munawar

Tersenyumlah Karena Ku Tau Senyummu Itu Indah

Newbie Tora

Takkan ada perubahan tanpa ada perbuatan

fabelster

Education & Music

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: