KOPONEN-KOMPONEN BELAJAR

 

  1. A.           Tujuan

Tujuan merupakan suatu cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan pembelajaran. Tidak ada suatu pembelajan yang diprogramkan tanpa tujuan, karena hal itu merupakan suatu hal yang tidak memiliki kepastian dalam menentukan arah, target akhir dan prosedur yang dilakukan.

Tujuan dala pembelajaran merupakan suatu cita-cita yang bernilai normatif. Sebab dalam tujuan terdapat sejumlah nilai yang harus ditanamkan kepada siswa. Tujuan pembelajaran yang harus berpusat pada perubahan prilaku siswa yang diinginkan, dan karenanya harus dirumuskan secara operasional, dapat diukur dan dapat diamati ketercapaiannya.

  1. B.            Materi pelajaran

Materi pelajaran merupaan unsur belajar yang penting mendapat perhatian oleh guru. Materi pembelajaran merupaka medium umtuk mencapai tujuan pebelajaran yang dikonsumsi oleh siswa. Penentuan materi pelajaran harus berdasar tujuan yang hendak dicapai, dalam hal ini adalah hasil-hasil yang diharapkan, misalnya berupa pengetahuan, keterampilan,sikap, dan pengalaman lainnya.

Menurut Suharsimi Arikunto (1990) merupakan unsur inti yang ada didalam kegiatan belajar mengajar, karena memang materi pelajaran itulah yang diupayakan untuk dikuasai oleh siswa. Karena itu guru atau pengembang kurikulum harus memikirkan sejauh mana  bahan atau topik yang tertera dalam silabi berkaitan dengan kebutuhan siswa dimasa depan. Menurut nana Sudjana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan materi:

  • Materi pelajaran harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan;
  • Materi yang ditulis dalam perencanaan pembelajaran terbatas pada konsep saja atau berbentuk garis besar bahan tidak perlu diperinci;
  • Menetapkan materi harus sesuai dengan urutan tujuan;
  • Urutan materi hendaknya memperhatikan kesinambungan;
  • Materi disusun dari yang sederhana menuju yang kompleks, dari yang mudah enuju yang sulit, dan dari yang konkret menuju yang abstrak;
  • Sifat materi pelajaran ada yang faktual ada yang koseptual.
  1. C.           Strategi

Strategi adalah komponen yang  juga memiliki fungsi yang sangat menentukan. Keberhasilan tujuan sangat ditentukan oleh komponen ini. Oleh karena itu setiap guru perlu memahami secara baik peran dan fungsi strategi dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

  1. D.           Media

Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dwyer (1967) berpendapat bahwa belajar yang sepurna hanya dapat tercapai jika mengunakan bahan-bahan audio visual yang mendekati realitas.

  1. E.            Evaluasi

Menurut Wand dan Brown, evaluasi adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai sesuatu. Rumusan yang bersifat operasional dikmukakan Roestyah (1989) bahwa evaluasi adalah kegiatan mengupulkan data seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya mengenai kapabilitas siswa guna mengetahui sebab akibat dan hasil belajar siswa guna mendorong atau mengembangkan kemampuan belajar.

Aspek evaluasi merupakan aspek yang penting, yang berguna untuk mengukur dan menilai seberpa jauh tujuan pembelajaran telah tercapai atau hingga mana terdapat keajuan belajar siswa, dan bagaimana tingkat keberhasilan sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut.

Categories: Telaah Kurikulum | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Ihsanulirfan's Blog

physics is my life :)

Kebab Ajieb And Spirit Tea

Just another WordPress.com site

isnaherawaty

Just another WordPress.com site

RINO LIGHT_Sugeng Santoso

Karya, Bisnis, dan Usahaku Untuk Berbagi Bersama Kalian

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

Adi Maja Diary

welcome in my life

Catatan si Kecil

A great WordPress.com site

Wachied Van Eerlijk

A topnotch WordPress.com site

My Site The Munawar

Tersenyumlah Karena Ku Tau Senyummu Itu Indah

Newbie Tora

Takkan ada perubahan tanpa ada perbuatan

fabelster

Education & Music

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: