PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

  1. A.           Pendekatan Pembelajaran

Puskur Balitbang  Depdiknas (2002) menawarkan 2 macam pendekatan pembelajaran, yaitu :

 

  1. 1.             Pendekatan bermakna

Pembelajaran bermakna merupakan kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegunaan pengalaman belajar pada kehidupan nyata peserta didik. Dalam hal ini guru dituntut mampu meyakinkan secara realistik suatu pengalaman belajar dengan menekankan pada siswa belajar secara aktif dan dapat memotivasi belajar yang tinggi kepada peserta didik. Tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran bermakna yang ditawarkan Puskur adalah :

  1. Pemanasan

Dalam hal ini guru harus memulai pelajaran dengan hal-hal yng diketahui dan dipahami siswa, memotivasi siswa dengan bahan ajar yang menarik dan berguna serta siswa didorong agar tertarik untuk mengetahui hal-hal baru.

  1. Eksplorasi

Pengembangan sejumlah pengalaman belajar hendaknya memperhatikan keterampilan baru yang diperkenalkan dan harus berhubungan dengan pengetahuan siswa sebelumnya.

  1. Konsolidasi pelajaran

Hal ini merupakan pemantapan pengalaman belajar siswa dengan cara melibatkan siswa dalam pemecahan masalah dan mendorong siswa untuk aktif.

  1. Pembentukan sikap dan perilaku

Proses internalisasi suatu pengalaman baru yang dapat dilakukan dengan cara mendorong siswa untuk menerapkan konsep dan pengetahuan barunya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menilai formatif

Untuk menentukan keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilakukan dengan mengembangkan cara-cara menilai belajar siswa secara variatif.

 

  1. 2.             Pendekatan tematik

Pendekatan tematik adalah pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik hanya diberikan kepada siswa sekolah dasar tingkat rendah. Pada masa ini umumnya siswa melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistick).

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pendekatan ini adalah :

  1. Pelajari kompetensi dasar pada kelas
  2. Memilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi tersebut
  3. Memuat matrik hubungan kompetensi dasar dengan tema.
  4. Membuat peta pembelajaran tematik, untuk dapat melihat kaitan antara kompetensi dasar dan tema dari sebuah mata pelajaran
  5. Menyusun silabus berdasarkan matrik atau jaringan topik pembelajaran tematik

 

  1. B.            Model Pembelajaran

Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.

Model pembelajaran sangat diperlukan untuk memandu proses belajar secara efektif. Model pembelajaran yang efektif adalah model pembelajaran yang memiliki landasan teoretik yang humanistik, lentur, adaptif, berorientasi kekinian, memiliki sintak pembelajaran yang sedehana, mudah dilakukan, dapat mencapai tujuan dan hasil belajar yang disasar.

 

  1. 1.             Model Pembelajaran Langsung

Model pembelajaran langsung merupakan model pembelajaran yang lebih berpusat pada guru dan lebih mengutamakan strategi pembelajaran efektif guna memperluas informasi materi ajar. Adapun macam-macam pembelajaran langsung antara lain : Ceramah,Praktek dan latihan, Ekspositori, Demonstrasi,Questioner, Mencongak.

Model pembelajaran langsung mempunyai ciri-ciri, antara lain : Proses pembelajaran didominasi oleh keaktifan guru, Suasana kelas ditentukan oleh guru sebagai perancang kondisi, Lebih mengutamakan keluasan materi ajar daripada proses terjadinya pembelajaran, Materi ajar bersumber dari guru. Model pembelajaran langsung dikembangkan untuk mengefisienkan materi ajar agar sesuai dengan waktu yang diberikan dalam suatu periode tertentu. Dengan model ini cakupan materi ajar yang disampaikan lebih luas dibandingkan dengan model-model pembelajaran yang lain.

 

  1. 2.             Model Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak­tidaknya tiga tujuan penting pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial (Ibrahim, dkk, 2000:7).

Ada 4 macam model pembelajaran kooperatif yang dikemukakan oleh Arends (2001), yaitu; Student Teams Achievement Division (STAD), Group Investigation, Jigsaw, Structural Approach .

Menurut Arends (1997: 111), pembelajaran yang menggunakan model kooperatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menyelesaikan materi belajar,
  2. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah,
  3. Jika mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda-beda,
  4. Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok dari pada individu.

Tujuan Pembelajaran Kooperatif adalah Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik, Penerimaan yang luas terhadap orang yang berbeda menurut ras, budaya, kelas sosial, kemampuan, maupun ketidakmampuan, Mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi.

 

  1. 3.             Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir tingkat tinggi. Macam-macam pembelajaran berdasarkan masalah Menurut Arends (1997), antara lain :Pembelajaran berdasarkan proyek, pembelajaran berdasarkan pengalaman, belajar otentik, Pembelajaran bermakna.Ciri-ciridarimodel pembelajaran berdasarkan masalahmenurut Arends (2001 : 349), adalah  Pengajuan pertanyaan atau masalah, Berfokus pada keterkaitan antar disiplin, Penyelidikan autentik, Kolaborasi, Menghasilkan produk dan memamerkannya.

Categories: Telaah Kurikulum | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Ihsanulirfan's Blog

physics is my life :)

Kebab Ajieb And Spirit Tea

Just another WordPress.com site

isnaherawaty

Just another WordPress.com site

RINO LIGHT_Sugeng Santoso

Karya, Bisnis, dan Usahaku Untuk Berbagi Bersama Kalian

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

Adi Maja Diary

welcome in my life

Catatan si Kecil

A great WordPress.com site

Wachied Van Eerlijk

A topnotch WordPress.com site

My Site The Munawar

Tersenyumlah Karena Ku Tau Senyummu Itu Indah

Newbie Tora

Takkan ada perubahan tanpa ada perbuatan

fabelster

Education & Music

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: