Silabus XII

SILABUS  PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH      :             MA YASNI

MATA PELAJARAN     : bahasa arab

KELAS / SEMESTER    :             XII [DUA BELAS] / I [GANJIL]

ALOKASI WAKTU        : 8 JAM PELAJARAN [ 4 X TM ]

 

NO

ASPEK SILABUS

DISKRIPSI  ISI SILABUS

A

Standar Kompetensi Menguasai 250 kosakata baru dengan struktur kalimat (tarkib al-kalimat) yang benar dan baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok, peserta didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insyâ’ muwajjah

B

Kompetensi Dasar Dengan menggunakan 25-30 mufradât baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata  كان, يكون, ليس, و أثرها فى معنى الجملة

Peserta didik mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insyâ’ muwajjah sesuai tema dalam materi pokok.

C

Indikator Hasil Belajar

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu  :

  • Membaca bahan qirâ`ah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar;
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan/latihan tentang pemahaman yang berbentuk objektif mengenai kandungan bahan bacaan.
  • Menerjemahkan kalimat-kalimat yang mengandung ليسdan  يكون ,كان
  • Menggunakan ketiga kata tersebut dalam kalimat-kalimat yang diprogramkan.
  • Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan  dalam bahasa Arab.
  • Menyusun kalimat-kalimat sederhana  dalam kegiatan insyâ` muwajjah yang mengandung ليسdan  يكون ,كان yang diprogramkan.

D

Tujuan Pembelajaran
  • Membaca bahan qirâ`ah tentang: الإمام الشافعيdengan menggunakan 25 mufradât baru dan struktur kalimat yang mengandung كان,يكون  dan ليس
  • Bercakap dalam bentuk tanya jawab yang diambil dari bahan qirâ`ah
  • Menulis kalimat dengan mufradât dan struktur kalimat tersebut yang diprogramkan

E

Materi Pokok
  • Kosakata tentang: الإمام الشافعي
  • Struktur kalimat yang mengandung bentuk kata كان, يكون, ليس, و أثرها فى معنى الجملة
  • Qira’ah tentang الإمام الشافعي
  • Percakapan yang diambil dari bahan qirâ’ah
  • Latihan menulis kalimat dengan mufradât dan struktur kalimat yang mengandung كان, يكون, ليس, و أثرها فى معنى الجملة

F

Metode Pembelajaran MUTHOLA’AH [Membaca]

G

Sumber Belajar, Bahan dan Alat
  1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep
  2. Buku Ajar yang diterbitkan Kanwil Depag Jawa Timur
  3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.
  4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.

H

Penilaian Kognitif, Afektif dan Psikomotorik

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

A.RAHMATULLAH,S.Ag,MM.Pd

           Sukaraja, ……………………………………….

Guru Mata Pelajaran

DEDEN WAHYUDIN, S.Ag

Catatan          :………………………………………………………………………………………………….

:………………………………………………………………………………………………….


Categories: Silabus RPP | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Ihsanulirfan's Blog

physics is my life :)

Kebab Ajieb And Spirit Tea

Just another WordPress.com site

isnaherawaty

Just another WordPress.com site

RINO LIGHT_Sugeng Santoso

Karya, Bisnis, dan Usahaku Untuk Berbagi Bersama Kalian

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

Adi Maja Diary

welcome in my life

Catatan si Kecil

A great WordPress.com site

Wachied Van Eerlijk

A topnotch WordPress.com site

My Site The Munawar

Tersenyumlah Karena Ku Tau Senyummu Itu Indah

Newbie Tora

Takkan ada perubahan tanpa ada perbuatan

fabelster

Education & Music

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: